JURNAL FISIKA PAPUA
Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Fisika Papua

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman dan Pengetahuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 2 Parepare

Faizal Amir (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan yang diajar secara konvensional pada peserta didik, (2) perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal tinggi, (3) perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal rendah, (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan pengetahuan awal dalam mempengaruhi pemahaman konsep fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi experimental dengan menggunakan desain non randomized pretest-posttets control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Parepare yang berjumlah 210 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dengan jumlah peserta didik 35 orang dan XI IPA 4 dengan jumlah peserta didik 35 orang. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman adalah sebesar 21,40 dan standar deviasinya 3,34, sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep fisika yang diajar secara konvensional adalah sebesar 18,80 dan standar deviasinya 2,36. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan yang diajar secara konvensional pada peserta didik, (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal tinggi, (3) tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal rendah, (4) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan pengetahuan awal dalam mempengaruhi pemahaman konsep fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

visika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Energy Physics

Description

URNAL FISIKA PAPUA diterbitkan oleh Universitas Cenderawasih dibawah pengelolaan Jurusan Fisika FMIPA Universitas Cenderawasih. Jurnal ini terbit dua kali setahun (Februari dan Agustus) dengan tujuan sebagai media komunikasi ilmiah bidang fisika dan penerapannya yang diangkat dari hasil penelitian ...