JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)
Vol 2, No 1 (2018): Juni 2018

Pengembangan Buku Saku Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) di MAN Model Banda Aceh

Resi Salyani (Universitas Islam Negeri Ar-raniry)
Azhar Amsal (Universitas Islam Negeri Ar-raniry)
Riza Zulyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku pada materi Reaksi Reduksi Oksidasi yang dapat digunakan di MAN Model Banda Aceh. Pengembangan buku saku ini dirancang sebaik mungkin agar dapat menarik minat siswa untuk membaca dan mempelajarinya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RD). Buku saku ini diujicoba dalam 2 tahap, tahap pertama diujicoba pada kelompok kecil dan tahap kedua diujicoba pada kelompok besar, sebelum diujicoba buku saku divalidasi oleh 3 orang tim ahli. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-3 (Matematika IPA-3). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi dari tim ahli dan wawancara, selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu persentase (%). Berdasarkan analisis data diperoleh, hasil validasi tim ahli pada buku saku pertama diperoleh nilai rata-rata persentase dari ketiga tim ahli sebesar 71% dengan kategori Baik, kemudian buku di perbaiki dan divalidasi kembali dengan nilai rata-rata persentase sebesar 94% dengan kategori Sangat Baik. Hasil ujicoba pertama pada kelompok kecil dengan jumlah 3 orang siswa memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 74% dengan kategori Baik, dan hasil ujicoba kedua pada kelompok besar dengan jumlah 30 orang siswa memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 98% dengan kategori Sangat Baik. Dengan hasil analisis data tersebut maka buku saku pada materi reaksi reduksi oksidasi dapat digunakan di MAN Model Banda Aceh.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Environmental Science Physics

Description

JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) aims to serve original articles on the latest issues and trends in high-quality research focused on technology-integrated science and/or science learning (chemistry, biology, physics, and environment). Technology integration includes learning media, curriculum, ...