Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional meliputi (1) kompetensi dalam menyelenggarakan pembelajaran dan (2) kompetensi dalam menulis artikel ilmiah, baik dari hasil kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan laporan kegiatan Lesson Study (LS). Namun realitanya masih banyak guru yang masih mengalami kesulitan dalam menulis, utamanya dalam menulis karya ilmiah. Salah satunya dialami oleh guru Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Turan di Kabupaten Malang. Sebagian besar guru di SMP Muhammadiyah 10 Turen masih belum mampu melakukan penulisan artikel ilmiah. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan yang meliputi enam kegiatan, (1) berbagi permasalahan dengan Pimpinan Sekolah/Kepala Sekolah dan guru, (2) ekspositori konsep dari permasalahan, (3) pelatihan penulisan artikel ilmiah, (4) pendampingan proses penulisan artikel ilmiah, (5) evaluasi kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah, dan (6) kegiatan publikasi artikel ilmiah di jurnal SAINTIFIK milik Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah adalah sebanyak 15 artikel ilmiah. Dari 15 artikel ilmiah, 4 artikel ilmiah telah menggambarkan artikel ilmiah hasil penelitian, sedangkan 11 artikel ilmiah lainnya masih belum menggambarkan artikel ilmiah hasil penelitian, namun lebih mirip dengan artikel hasil pemikiran. Berdasarkan penilaian Tim pengabdian, kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 10 Turen telah memberikan manfaat. Hal ini didasarkan pada respon yang disampaikan oleh 15 orang guru yang menjadi peserta kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah.
Copyrights © 2023