Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat (IJPM)
Vol 1 No 2 (2023): IJPM - Agustus 2023

Efektifitas Corporate Social Responsibility PT. SBS dalam Menyediakan Transportasi Prehospital bagi Masyarakat di Desa Air Bara, Kepulauan Bangka Belitung

Umi Hapsari (Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Indonesia)
Badi’atun Nihayah (Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Indonesia)
Jamilullah Jamilullah (PT. Batata Sistem Caraka (BSC), Jakarta, Indonesia)
Wahyudin Lihawa (PT. Batata Sistem Caraka (BSC), Jakarta, Indonesia)
Yessi Nirmala (PT. Sariwiguna Bina Sentosa, Pangkalpinang, Indonesia)
Dede Sanjaya (PT. Sariwiguna Bina Sentosa, Pangkalpinang, Indonesia)
Dedi Setiawan (PT. Sariwiguna Bina Sentosa, Pangkalpinang, Indonesia)
Pranoto Pranoto (PT. Sariwiguna Bina Sentosa, Pangkalpinang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Salah satu bentuk untuk menciptakan hubungan yang baik dengan pemegang kuasa dan masyarakat yang tinggal diwilayah usaha yaitu dengan adanya program CSR. Aspek pemberdayaan masyarakat melalui program penyediaan transportasi prehospital dengan penyediaan ambulans desa dinilai dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Air Bara. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pertama dilakukan identifikasi masalah mitra, perumusan masalah, focus group discussion, hilirisasi transportasi prehospital, monitoring dan evaluasi. Metode monitoring dan evaluasi yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini menurut Creswell adalah salah satu jenis pendekatan kualitatif dimana dalam pendekatan jenis ini observasi dilakukan kepada partisipan untuk mengetahui fenomena-fenomena yang terjadi dalam partisipan tersebut. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk mengetahui tingkat efektifitas program CSR PT. Sariwiguna Bina Sentosa dalam menyediakan transportasi prehospital dalam hal ini ambulans bagi masyarakat Desa Air Bara. Hasil program pengabdian ini menunjukkan jumlah masyarakat yang merasakan manfaat dari adanya ambulans desa dalam kategori tinggi sehingga nilai efektifitas dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT SBS juga tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijpm

Publisher

Subject

Humanities Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat (IJPM) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan ...