Akuntansi: Jurnal Riset Ilmu Akuntansi
Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Riset ilmu Akutansi

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN PRODUKSI MINYAK & GAS BUMI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2017-2021)

Erika Lestarianti (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Tries Ellia Sandari (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh good corporate governance dan corporate social responsibility disclosure terhadap return saham dengan kinerja keuangan sebagai variabel mediasi (studi pada perusahaan pertambangan produksi minyak & gas bumi yang terdaftar di bursa efek indonesia pada tahun 2017-2021). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari website IDX. Sampel yang diteliti sebanyak 6 perusahaan pertambangan produksi minya & gas bumi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan software PLS (Partial Least Square) 4.0. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa good corporate governance dan corporate social responsibility disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Namun good corporate governance memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Akuntansi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

1 Ekonomi Pembangunan 2 Akuntansi 3 Ekonomi Syariah 4 Perbankan 5 Perpajakan 6 Asuransi Niaga (Kerugian) 7 Notariat 8 Bidang Ekonomi Lain Yang Belum Tercantum 9. Aministrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll) 10. ...