Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis User Experience siswa terhadap ruang kelas berbasis metaverse. Ruang kelas berbasis metaverse dikembangkan menggunakan Spatial.io untuk kelas mata kuliah Aljabar Linear pada Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 di Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech. Metode pengukuran user experience menggunakan metode survei yang menggunakan User Experience Quistionnaire yang digunakan untuk mengukur daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan. Pengukuran dilakukan kepada siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan ruang kelas berbasis metaverse unttuk mata kuliah Aljabar Linear. Tahapan penelitian terdiri dari lima kegiatan, yaitu perencanaan, membuat skenario dan penugasan, melakukan pemilihan responden,melaksanakan pengujian usabilitas, dan menganalisa hasil pengukuran. Jumlah siswa yang menjadi responden sebanyak 38 siswa. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis User Experience menggunakan User Experience Quistionnaire diperoleh hasil untuk daya tarik sebesar 1,217, kejelasan 1,647, efisiensi 1,603, ketepatan 1,218, stimulasi 1.130 dan kebaruan 1,058. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ruang kelas berbasis metaverse untuk mata kuliah Aljabar Linear telah memenuhi kriteria yang baik untuk semua variabel yang diukur.
Copyrights © 2023