Pada mulanya tidaklah banyak siswa yang mempuyai smartphone. Akibat adanya pandemi Covid-19 pada akhir tahun 2019 maka semua sekolah/ madrasah melaksanakan pembelajaran dirumah dengan menggunakan mode pembelajaran daring. Akibatnya setiap siswa wajib memiliki smartphone sebagai sarana pokok pembelajaran. Mau tidak mau orangtua memberikan smartphone anaknya, dengan tujuan awalnya untuk mengerjakan tugas sekolah. Tapi pada kenyataannya, penggunaan smartphone untuk mengerjakan tugas hanya beberapa jam. Lalu sisanya dipakai bermain game online sampai melupakan waktu. Penelitian ini bertujuan agar siswa mengetahui batasan-batasan dalam bermain game online. Apalagi melihat akhlak siswa yang semakin hari semakin menurun, serta untuk memberitahukan bahwa ada dampak negatif di balik bermain game online secara terus-menurus. Bahkan yang ditakutkan adanya efek ketagihan, tidak kenal waktu, berkata kasar, melawan orangtua, sampai-sampai melalaikan kewajiban seperti Sholat dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksprimen, untuk menguji efektif atau tidaknya variabel eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket (questionaire), pengamatan atau observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh game online terhadap akhlak siswa di SMPIT Al-Ishlah Gadog Citarik Palabuhanratu. Teknik pengujian data terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitasnya yang banyak digunakan pada penilitian yaitu menggunakan metode Cronbach Alpha dengan bantuan program SPSS 26. Diketahui pada penelitian ini menunjukkan reliabilitas X adalah 0,869 dan Y adalah 0,858. Hasil analisis data yang telah dilakukan terhadap penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara game online secara negatif terhadap akhlak siswa di SMPIT Al-Ishlah Gadog Citarik Palabuhanratu dimana semakin tinggi intesitas bermain game online semakin rendah akhlak siswa. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu dapat melakukan penelitian lanjutan di wilayah dan di tempat yang sama atau di wilayah lain. Peneliti dapat menggunakan variabel lain yang mengarah kepada faktor yang mempengaruhi munculnya perilaku akhlak yang lainnya.
Copyrights © 2023