JURNAL LENTERA
Vol. 14, No. 1. Januari 2014

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA TOPIKTOPIK ESENSIAL MATEMATIKA SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU SD

Asrul Karim dan Riandi Marisa, Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2015

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah tersusunnya bahan ajar berbasis open-endedproblem dengan pendekatan realistik untuk mahasiswa calon guru yang didukung oleh pemahamankonsep dan kemampuan berpikir kristis pada mahasiswa calon guru. Tujuan ini dapat tercapaimelalui tersusunnya bahan ajar topik-topik esensial matematika SD berdasarkan open-endedproblem dengan pendekatan realistik dan pembelajarannya sehingga memudahkan calon guru dalammengimplementasinya di lapangan. Untuk melihat keefektifan model bahan ajar berbasis open-endedproblem dengan pendekatan realistik pada topik-topik matematika sekolah dasar yang dihasilkan,akan dilakukan uji coba pada mahasiswa calon guru pada mata kuliah matematika dasar. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dimulaidengan pengembangan bahan ajar berbasis open-ended problem dengan pendekatan realistik padatopik-topik esensial matematika sekolah dasar dan pembelajarannya, dan diikuti denganimplementasi di lapangan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS17.0 for window. Berdasarkan hasil yang diperoleh pemahaman konsep dan kemampuan berpikirkritis antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan bahan ajar topik-topik esensialmatematika SD berbasis open-ended problem dengan pendekatan realistik lebih baik dibandingkandengan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Open-ended Problem, Pendekatan Realistik, Topik-topik Esensial Matematika SD

Copyrights © 2014