Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Vol. 1 No. 3 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)

Pengaruh Program Gratis Ongkir dan Subsidi Voucher Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-Commerce Tik Tok Shop

Rahma Kurnia Yelta (Universitas Aisyiyah Yogyakarta)
Era Agustina Yamini (Universitas Aisyiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di industi 4.0 yang kian berkembang sangat pesat memberikan banyak dampak positif maupun negatif untuk berbagai aspek. Teknologi informasi memberikan peran penting bagi keberlangsungan bisnis, salah satunya adalah perkembagan teknologi digital dalam melakukan transaksi jual beli. Persaingan perbelanjaan online yang kian ketat menjadikan beberapa platfrom e-commerce melakukan strategi untuk tetap bisa bertahan dalam industri perbelanjaan online. Salah satu strategi yang dilakukan oleh TikTok Shop yaitu memberikan subsidi voucher belanja dan program gratis ongkir kepada pelanggan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Gratis Ongkir dan Subsidi Voucher Belanja terhadap keputusan Pembelian Pada Platform E-commerce TikTok Shop. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling, sampel yang digunkan sebanyak 200 responden masyarakat Daerah Istimewan Yogyakarta yang pernah berbelanja di e-commerce TikTok Shop dan mengklaim subsidi voucher belanja dan gratis ongkir. Metode pengumpulan data dalam metode penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuisioner secara online. Hasil Penelitian: Hasil yang diperoleh setelah analisis data adalah secara parsial Program Gratis Ongkir (X1) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada platfoam e-commerce TikTok shop (Y), sedangkan Subsidi Voucher Belanja (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada platfoam e-commerce TikTok shop (Y). Secara simultan Program Gratis Ongkir (X1) dan Subsidi Voucher Belanja (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada platfoam e-commerce TikTok shop (Y). Kesimpulan: Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Ada pengaruh simultan secara signifikan pada Program Gratis Ongkir (X1) dan Subsidi Voucher Belanja (X2) terhadap keputusan pembelian pada platfoam e-commerce TikTok shop (Y). 2) Tidak ada pengaruh Program Gratis Ongkir (X1) terhadap keputusan pembelian pada platfoam e-commerce TikTok shop (Y). dan 3) Ada pengaruh secara signifikan pada Subsidi Voucher Belanja (X2) terhadap keputusan pembelian pada platfoam e-commerce TikTok shop (Y).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurbisman

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal ...