Salah satu unsur profesionalitas yang harus dipenuhi guru saat ini yaitu berupa penulisan karya ilmiah. Akan tetapi kenyataan di lapangan baru sedikit guru yang mampu menghasilkan atau mampu menulis karya ilmiah dengan baik. Padahal salah satu syarat kenaikan jenjang kepangkatan guru yaitu dengan menulis karya ilmiah. Kegiatan ini didasari dengan permasalahan mitra yaitu guru-guru SD/MI Muhammadiyah di Kecamatan Purwokerto Barat yang masih merasa belum memahami arti penting penutlisan artikel imiah serta keterampilan menulis artikel ilmiah yang belum cukup baik. Berdasarkan pemaparan tersebut diperlukan cara untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel ilimiah bagi guru, salah satunya dengan cara mengadakan pelatihan menulis artikel ilmiah bagi guru dengan metode TPS (Think Pair Share). Dengan metode Think Pair Share ini para guru diharapkan bisa mengembangkan keterampilan berpikir serta saling bertukar gagasan antar anggota kelompok, bekerja saling membantu mencoba menulis artikel ilmiah dalam kelompok kecil sehingga akan memunculkan suasana belajar yang lebih hidup, aktif, kreatif, efektif serta menyenangkan. Kegiatan berjalan lancar dan dari kegiatan tersebut seluruh peserta atusias dalam mengikuti kegiatan. Dari pelatihan ini guru diharapkan nantinya memiliki pemahaman akan pentingnya menulis artikel ilmiah serta mempunyai keterampilan menulis artikel ilmiah sehingga bisa menerbitkan berbagai karya ilmiah.
Copyrights © 2023