Manajemen laba terjadi ketika eksekutif memalsukan laporan keuangan perusahaan untuk keuntungan pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengumpulkan data mengenai pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap praktik manajemen laba. Antara tahun 2019 dan 2021, perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang bergerak di bidang manufaktur digunakan sebagai populasi penelitian. Terdapat total 264 perusahaan manufaktur yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia pada rentang tahun kajian 2019-2021. Sampling bertujuan digunakan untuk memilih sampel penelitian. Analisis menggunakan regresi linier berganda. Temuan dari studi menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan pertumbuhan pendapatannya tidak berpengaruh pada kesulitan mengelola profitabilitas. Manajemen laba mendapat manfaat dari peningkatan profitabilitas. Hal ini memberikan kepercayaan pada hipotesis utama studi tersebut, teori agensi, yang menyatakan bahwa profitabilitas dapat meningkatkan pendapatan yang ditunjukkan dalam laporan keuangan.
Copyrights © 2023