LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI)


Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMKS Muhammadiyah 04 Medan

Isti Maunida Hanum (Unknown)
Andri Zainal (Universitas Negeri Medan)
Choms Gary G.T. Sibarani (Universitas Negeri Medan)
Ramdhansyah Ramdhansyah (Universitas Negeri Medan)
Rini Herliani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi pada mata pelajaran akuntansi dasar. Populasi sebanyak 112 siswa kelas X AKL Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Muhammadiyah 04 Medan dimana seluruh populasi menjadi responden penelitian ini. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan soal tes pemahaman akuntansi. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan model regresi telah memenuhi uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan perilaku belajar berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LIAB

Publisher

Subject

Education

Description

Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian atau kajian teoritis yang memberikan informasi, ide-ide dan pendapat, selain analisis kritis kemajuan dalam penelitian pendidikan akuntansi. jurnal ini bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi ...