Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan

APLIKASI OFFLINE MEMBANTU SISWA DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMIK COVID-19

Nurhidayati - Saleh (SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara (khususnya aspek pronounciation dan fluency) menggunakan aplikasi website offline untuk siswa kelas 1 SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020 dalam situasi pandemi. (pandemi Covid-19). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester kedua tahun akademik 2019/2020 dari Januari hingga Juni 2020. Penelitian ini melibatkan observer yang juga guru Bahasa Inggris, dan siswa. Partisipan penelitian ini adalah 36 siswa X IPS 1 dan 36 siswa X IPA 7 tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui observasi. Data berupa lembar observasi. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data adalah rekaman suara siswa. Dalam penelitian ini, observer melakukan dua siklus tindakan. Hasil dari Siklus 1 menunjukkan bahwa penerapan penggunaan aplikasi TALKENGLISH.COM secara offline membuat keterampilan berbicara siswa dalam pronounciation dan fluency meningkat. Oleh karena itu, observer memperbaiki tindakan tersebut pada Siklus 2 dengan memberikan lebih banyak kategori/materi untuk dipraktikkan. Sementara itu, terlihat bahwa implementasi aplikasi offline berhasil meningkatkan keterampilan berbicara pada pengucapan dan kelancaran siswa kelas satu SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...