Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TAHSIN AL-QURAN UNTUK MAHASISWI SEMESTER SATU DI MAHAD AISYAH BINTI ABU BAKAR BOGOR

Dwi Sanday (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Nurdin Ibrahim (Unknown)
Muktiono Waspodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah tahsin Al-Quran untuk mahasiswi semester satu di Mahad Aisyah Binti Abu Bakar Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau RnD (Research and Development) dengan model pengembangan gabungan Hannafin and Peck dan ASSURE. Penelitian ini menguji kelayakan dan keefektifan produk media pembelajaran pada pembelajaran tahsin Al-Quran. Adapun hasil penelitian tersebut sebagai berikut; 1) Berdasarkan uji kelayakan dari para ahli, media pembelajaran interaktif Tahsin ini dinyatakan layak. Validasi ahli materi mendapatkan skor 90,25% dengan kategori sangat layak, validasi ahli desain instruksional mendapat skor 91% drngan kriteria sangat layak, dan validasi ahli media mendapat skor 81,5% denga kriteria layak. 2) Uji efektifitas produk didapat dari penghitungan N-Gain hasil pretest dan posttes, dimana didapatkan nilai rata-rata pretes 62,6 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84. Hasil skor N Gain sebesar 58% yang berarti media pembelajaran cukup efektif. Sehingga produk media pembelajaran interaktif bagi pembelajaran Tahsin Al-Quran di Mahad Aisyah Binti Abu Bakar dianggap layak dan efektif untuk digunakan pada mahasiswi semester 1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...