Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MAMPANG 3 DEPOK

Lika Nurlia Yasa (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Zainal Abidin Arief (Unknown)
Herawati Herawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik menggunakan Pendekatan Concrete Pictorial Abstract Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Mampang 3 Depok serta untuk mengetahui kelayakan dan efektivitasnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). model pengembangan pembelajaran yang digunakan adalah model Borg and Gall yang diintegrasikan dengan model pembelajaran Dick and Carey pada tahap Desain model produk Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Concrete Pictorial Abstract. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil uji kelayakan antara lain (1) hasil pengujian materi pembelajaran diperoleh persentase sebesar 99% dan dikategorikan sangat layak; (2) hasil pengujian media pembelajaran sebesar 85% dan berada pada kategori layak; dan (3) hasil pengujian desain pembelajaran sebesar 91.6% dan dikategorikan sangat layak. Hasil uji One to One diperoleh persentase sebesar 96% dan diklasifikasikan dalam kategori sangat layak, hasil uji kelompok kecil dikategorikan sangat layak (97%) dan hasil pengujian lapangan juga berada pada kategori sangat layak (99%). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dilakukan melalui pengujian nilai N-Gain dari hasil pre test dan post test. Hasil yang diperoleh sebesar 0,76 (76%). Berdasarkan nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang sedang dikembangkan efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...