Distribusi
Vol. 11 No. 2 (2023): Distribusi, September 2023

STUDI KELAYAKAN HUTAN LINDUNG MONGGAL SEBAGAI TAMAN WISATA ALAM (TWA) GUNA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN

Abdurrahman Abdurrahman (Universitas Mataram)
Himawan Sutanto (Universitas Mataram)
Zamroni Alpian Muhtarom (Universitas Mataram)
Muhammad Mujahid Dakwah (Universitas Mataram)
Baiq Handayani Rinuastuti (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis studi kelayakan hutan lindung monggal sebagai Taman Wisata Alam (TWA) guna meningkatkan daya tarik wisatawan yang diharapkan menjadi salah satu cara dalam mendukung pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat serta penggerak ekonomi lokal. Dari tujuan umum tersebut bisa diuraiakan lebih lanjut tentang tujuan khusus yaitu (1) untuk menganalisis kelayakan aspek non-finansial usaha TWA Monggal meliputi aspek pasar, manajemen, sosial, ekonomi, dan budaya, serta lingkungan. (2) untuk menganalisis kelayakan aspek finansial usaha TWA Monggal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik survey dengan pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: Studi kepustakaan, Observasi, dan Focus Group Discussion dengan berbagai pemangku kepentingan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengembangan TWA Monggal di Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara layak untuk dikembangkan karena pertimbangan (1) Kelayakan dari aspek non-finansial (2) Kelayakan dari aspek finansial dilakukan dengan perhitungan nilai NPV selama 10 tahun sebesar Rp 1.214.388.386,85 dengan Tingkat pengembalian terhadap investasi (IRR) sebesar 32%. Kemudian nilai Net B/C sebesar Rp 4.043. dan Payback Period selama 2 tahun 3 bulan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

distribusi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya terus melakukan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan melakukan pemasangan baru sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Kecepatan pemasangan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pelayanan dan persepsi pelanggan terhadap perusahaan. PT ...