Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Vol 4, No 2 (2023): J-P3K AGUSTUS

Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Self-Regulated Learning Pada Siswa SMPIT Nurul Ilmi Medan

Eva Yulina (Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan self-regulated learning. Metode penelitian ini metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini 30 siswa dengan sampel 30 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment diatas dapat diketahui bahwa nilai signifikansi variabel pola asuh demokratis dan self-regulated learning sebesar 0.000 0.05. Hal tersebut menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan self-regulated learning pada siswa. Nilai pearson correlation yang diperoleh antara pola asuh demokratis dengan self-regulated learning sebesar 0.647. Hal tersebut menjelaskan bahwa variabel pola asuh demokratis dengan self-regulated learning memiliki korelasi yang positif dengan koefisien korelasi yang sangat kuat. Nilai koefisien determinan yang didapat yaitu 0,418 atau sebesar 41,8% pengaruh pola asuh demokratis terhadap self-regulated learning. Berdasarkan nilai koefisien determinan dapat diketahui bahwa pengaruh pola asuh demokratis terhadap self-regulated learning sebesar 41,8% dan 58,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

J-P3K

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki ...