Restoran yang merupakan ragam bisnis yang sangat populer di pelosok negeri membutuhkan inovasi untuk dapat tetap bersaing. Sistem pemesanan makanan manual yang umumnya digunakan sangat memakan waktu dan tenaga, terutama untuk restoran besar yang sangat kurang efisien terlebih ketika menangani lonjakan pelanggan yang bersamaan. Penelitian ini menerapkan QR Code dengan tujuan mengatasi permasalahan tersebut. Pelanggan dapat memindai QR Code yang ada di setiap meja restoran untuk membuka halaman web pemesanan menu. Setelah memilih pesanan dan melakukan booking, sistem secara otomatis mengirimkan catatan pesanan ke bagian dapur dan kasir. Dengan adanya QR Code diharapkan menciptakan proses yang efisien dan menghindari adanya tumpukan antrian. Selain itu, penelitian ini juga menerapkan konsep sistem terdistribusi dalam proses pembayaran. Konsep sistem terdistribusi ini yaitu dengan menghubungkan sistem pemesanan menu makanan dengan sistem pembayaran digital. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Waterfall, yang meliputi tahapan spesifikasi kebutuhan, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan penyerahan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep sistem terdistribusi terlaksanan dengan sangat baik. Integrasi dengan sistem pembayaran digital, seperti dompet digital dan e-banking, melalui API juga meningkatkan kemudahan bertransaksi. Kesimpulannya penelitian ini menghasilkan prototype yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan restoran. Prototype ini diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan restoran, serta memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pemesanan makanan.
Copyrights © 2023