Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 3 (2023)

Eksplorasi Etnomatematika Kerajinan Anyaman Bambu sebagai Sumber Belajar Matematika pada Materi Geometri di Dusun Malangan, Sumberagung, Moyudan, Sleman

Angel Kristiamita (Unknown)
Prita Adelia Maharani (Unknown)
Erni Puji Astuti (Unknown)
Maximus Tamur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Pembelajaran berbasis etnomatematika dapat menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan antara budaya dan matematika dengan tujuan untuk mempermudah peserta didik dalam mempelajari materi matematika yang cukup abstrak. Contoh budaya lokal yang dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran berbasis etnomatematika adalah kerajinan anyaman bambu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografis. Metode ini digunakan oleh penulis dengan tujuan dapat memahami dan mengkaji budaya, perilaku, dan pengalaman manusia yang berada di lingkungan sekitar sehingga nantinya dapat dihubungkan dengan matematika. Penulis mengumpulkan data dengan teknik wawancara dan kajian literatur. Instrumen berupa wawancara yang dilakukan secara langsung dengan salah satu pengrajin dan mengkaji beberapa artikel dan buku yang sesuai dengan penelitian sebagai bahan kajian literatur untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh selanjutnya direduksi oleh penulis sehingga lebih memudahkan dalam menuliskan pembahasan dan membuat kesimpulan. Motivasi dibalik ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara anyaman bambu dan materi matematika. Di dalam kasus geometri, kerajinan tersebut dapat membantu peserta didik dalam memvisualkan bangun geometri karena dapat dilihat secara langsung. Bentuk konkret bangun geometri yang penulis temukan pada bentuk-bentuk kerajinan anyaman bambu, yaitu lingkaran pada cermin rotan, persegi pada tampah, tabung pada keranjang, kubus pada bangku bambu, balok pada tempat tisu, serta bola pada kap lampu. Temuan hasil eksplorasi ini diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam menganalisis sifat-sifat dan unsur-unsur bangun geometri. Selain itu diharapkan dapat membantu untuk lebih mengembangkan hasil belajar peserta didik, dan untuk menjaga budaya sekitar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...