Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi
Vol. 18 No. 2 (2023): Mei - Agustus 2023

MENGEKPLORASI HUBUNGAN KUALITAS JASA DAN KEPUASAN SISWA PROGRAM PRE-UNIVERSITY SELAMA PANDEMI COVID-19

Fransisca Laij (STIE Jakarta International College)
Powell Gian Hartono (STIE Jakarta International College)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan kausalitas di antara kualitas jasa terhadap kepuasan siswa pada program pre-university di masa pandemi COVID-19. Populasi penelitian ini adalah siswa program pre-university yang diselenggarakan oleh Jakarta International College (JIC). Purposive sampling technique diadaptasi dengan beberapa kriteria sampel yang ditetapkan, yaitu responden merupakan siswa program pre-university yang diselenggarakan oleh JIC. Siswa Foundation Year (FY) yang dijadikan sampel merupakan siswa yang menjalani studi di masa pandemi COVID-19, serta siswa yang menjalani studinya melalui media daring sejak tahun 2020 – 2022. Alat analisis statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda, serta uji instrumen dan analisis statistik deskriptif. Data empiris diolah menggunakan SPSS versi 22. Hasil yang didapatkan adalah reliabilitas, daya tanggap, jaminan, serta empati atas kualitas jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa. Analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa keseluruhan siswa program FY menunjukkan persepsi sangat puas atas kualitas jasa yang diberikan. Selain itu, walaupun secara statistik deskriptif menunjukkan bahwa persepsi siswa masuk pada kategori puas hingga sangat puas, penelitian ini memberi implikasi manajerial kepada institusi penyelenggara program untuk terus meningkatkan dimensi jaminan kualitas jasa untuk kepuasan siswa. Kata Kunci: Kualitas Jasa, Kepuasan Siswa, JIC, Foundation Year.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

VL

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi Jurnal ini berisi tentang penelitian di ranah manajemen, sumber daya manusia, bisnis, marketing, dan ...