Jambura Edu Biosfer Journal
Vol 5, No 2 (2023): Jambura Edu Biosfer Journal

KANDUNGAN UNSUR HARA PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN PENAMBAHAN LIMBAH CANGKANG TELUR AYAM BROILER

Nur Inda R. Umadji (Progam Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nahdhatul Ulama Gorontalo, Jl. Baypass, Kelurahan Tamalate Kota Timur, Kota Gorontalo, 96112)
Risti Ristianingsih Badu (Progam Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nahdhatul Ulama Gorontalo, Jl. Baypass, Kelurahan Tamalate Kota Timur, Kota Gorontalo, 96112)
Ais Rahman (Progam Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nahdhatul Ulama Gorontalo, Jl. Baypass, Kelurahan Tamalate Kota Timur, Kota Gorontalo, 96112)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Cangkang telur adalah limbah padat yang dihasilkan setiap hari oleh industri atau rumah tangga, sehingga kurangnya pengolahan limbah cangkang telur mengakibatkan peningkatan volume sampah organik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh massa cangkang telur ayam broiler terhadap jumlah dan jenis unsur hara pada pupuk organik cair cangkang telur. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan parameter penelitian adalah nilai C-organik, kalium dan nitrogen. Penelitian menggunakan penambahan berat cangkang telur dalam pupuk cair dengan variasi 250 gr (perlakuan B), 500 gr (perlakuan C) dan tanpa cangkang telur (perlakuan A). Hasil uji menunjukkan unsur C-organik dan kalium tertinggi ditemukan pada perlakuan C dengan persentase 3,01% dan 1,09% secara berturut-turut. Kandungan nitrogen terbesar pada perlakuan A yaitu 0,09%. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa penambahan cangkang telur dapat meningkatkan kandungan C-organik dan kalium pupuk cair sehingga berkontribusi dalam upaya pengurangan sampah limbah organikĀ 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edubiosfer

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, ...