Jurnal Pari
Vol 9, No 1 (2023): (Juli) 2023

STRATEGI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL PUSAT RISET PERIKANAN

Hadhi Nugroho (Pusat Riset Perikanan - KKP)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Media sosial saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Demikian juga dengan instansi pemerintah yang saat ini telah mulai banyak memanfaatkan keberadaan media sosial untuk terhubung dan berinteraksi dengan masyarakat. Pusat Riset Perikanan sebagai salah satu instansi pemerintah telah memiliki dan menggunakan media sosial berupa Instagram, Twitter, dan Youtube. Agar pengelolaan media sosial di Pusat Riset Perikanan dapat berjalan dengan baik, diperlukan perencanaan dan tata kelola yang baik, keterampilan/pengetahuan khusus, serta sumber daya yang memadai. Metode yang digunakan dalam perencanaan pengelolaan media sosial Pusat Riset Perikanan adalah metode POST (People-Objectives-Strategy-Technology), yang terdiri dari empat tahapan penting dalam perencanaan pengelolaan media sosial, yaitu penentuan pengguna/khalayak (people) yang akan menjadi sasaran media sosial, penentuan tujuan (objectives) yang akan dicapai instansi, penentuan strategi (strategy) pelaksanaan media sosial, serta penentuan teknologi (technology) yang dibutuhkan. Berdasarkan penentuan pengguna/khalayak (people), maka target sasaran pengguna media sosial Pusat Riset Perikanan dapat dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu internal dan eksternal. Tujuan (objectives) pengelolaan media sosial Pusat Riset Perikanan yaitu sebagai media untuk melakukan kampanye kehumasan KKP; sebagai media untuk menyampaikan/menginformasikan profil organisasi, kebijakan, kegiatan organisasi, dan hasil riset perikanan kepada masyarakat; sebagai media untuk memperoleh saran, masukan, gagasan, dan aspirasi dari masyarakat; serta menjamin terwujudnya penyelenggaraan keterbukaan informasi publik. Penentuan strategi pelaksanaan media sosial (strategy) Pusat Riset Perikanan dilakukan dengan menyusun tim pengelola, menyusun langkah-langkah pengelolaan, menjalin kolaborasi/kerja sama dengan pengelola media sosial lainnya, serta melakukan inovasi dan variasi terhadap konten media sosial. Sedangkan berdasarkan penentuan teknologi yang dibutuhkan (technology), untuk mengelola media sosial Pusat Riset Perikanan diperlukan teknologi berupa komputer meja, laptop, telepon pintar, jaringan listrik, jaringan internet, perangkat lunak desain grafis tidak berbayar, dan perangkat lunak analisis media sosial yang disediakan oleh media sosialSocial media is currently widely used by the people's. Currently, government agencies have begun to take advantage of the presence of social media to connect and interact with the public. Center of Fishery Research as a government agency already owns and uses social media in the form of Instagram, Twitter and Youtube. In order for the management of social media at Center of Fishery Research to run well, good planning and governance, special skills/knowledge, and adequate resources are needed. The method used in planning the social media management of Center of Fishery Research is the POST (People-Objectives-Strategy-Technology) method, which consists of four important stages in social media management planning, namely determining the users/audience (people) who will be targeted social media, determining objectives (objectives) to be achieved by agencies, determining strategies (strategy) for implementing social media, and determining the technology (technology) needed. Based on the determination of users/audiences (people), the target audience for social media in Center of Fishery Research can be divided into two groups, namely internal and external. The objectives (objectives) of social media management in Center of Fishery Research are as a medium for carrying out KKP public relations campaigns; as a medium for conveying/informing organizational profiles, policies, organizational activities, and fishery research results to the public; as a medium for obtaining suggestions, input, ideas, and aspirations from the public; as well as ensuring the implementation of public information disclosure. Center of Fishery Research social media implementation strategy is determined by assembling a management team, compiling management steps, establishing collaboration/cooperation with other social media managers, as well as innovating and varying social media content. Meanwhile, based on determining the required technology (technology), to manage social media in Center of Fishery Research requires technology in the form of desktop computers, laptops, smartphones, power grids, internet networks, free graphic design software, and free social media analysis software provided by social media

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal PARI adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekertariat Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan - Kementrian Kelautan dan Perikanan (BRSDM KKP), yang memiliki p-ISSN : 2502-0730 dan e-ISSN : 2549-0133 dengan tujuan menyebarluaskan hasil karya tulis ilmiah di bidang ...