PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2023): Oktober

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI STATISTIKA DI SMA NEGERI 1 BATIPUH KABUPATEN TANAH DATAR

Yulya Eka Putri (Program Stusi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat)
Mulia Suryani (Unknown)
Alfi Yunita (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya media ajar lain, seperti halnya penggunaan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangankan  LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Statistika Di SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar yang valid dan praktis.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batipuh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan model Plomp (2013). Tahap yang digunakan dalam penelitian ini hanya dua tahap, yaitu tahap 1 (Investigasi awal) dan tahap 2 (prototype phase) untuk merangkap uji validitas dan praktikalitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah amgket validasi, angket praktikalitas dan wawancara. Berdasarkan penilaian validator, diperoleh hasil validitas yaitu 88,58% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas LKPD pembelajaran dengan uji kelompok kecil dengan delapan belas orsng peserta didik memeproleh nilai akhir 88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi statistika di SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar dinyatakan valid dan praktis digunakan oleh guru dan peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...