Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan
Vol 10, No 7 (2023): Volume 10 Nomor 7

SINDROM OBSTRUKSI PASCA TUBERKULOSIS DENGAN LULUH LOBUS: LAPORAN KASUS

Syazili Mustofa (Departemen Biokimia, Biologi Molekuler dan Fisiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung)
Gilang Kukuh Megantoro (Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, RSUD dr. H. Abdul Moeloek Lampung)
Achmad Gozali (Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, RSUD dr. H. Abdul Moeloek Lampung)
Tito Tri Saputra (Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, RSUD dr. H. Abdul Moeloek Lampung)
Rizki Putra Sanjaya (Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, RSUD dr. H. Abdul Moeloek Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Abstrak: Sindrom Obstruksi Pasca Tuberkulosis dengan Luluh Lobus. Beberapa bukti menunjukkan bahwa pasien tuberkulosis yang telah menyelesaikan pengobatan mengalami gangguan kesehatan yang menetap setelah pengobatan berupa kelainan pada parenkim paru, saluran pernapasan, pleura/dinding dada, vaskular, dan mediastinum. Telah dilaporkan satu kasus di RSUD dr. H. Abdul Moeloek Lampung dengan keluhan sesak napas pada seorang laki-laki berusia 35 tahun yang ditegakkan diagnosisnya berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Diberikan penanganan dengan nebulasi bronkodilator dan kortikosteroid.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kesehatan

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Ilmu Kedokteran dan kesehatan (JIKK) menyediakan platform untuk mempublikasikan artikel bidang Kedokteran dan kesehatan yang meliputi: kedokteran komunitas: epidemiologi penyakit, promosi kesehatan kedokteran keluarga pendidikan kedokteran kedokteran klinis: pediatrik, endokrin, reproduksi, ...