Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 3 (2023)

Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Berbantuan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa dan Hasil Belajar Siswa

Asmawati, Asmawati (Unknown)
Syamsuri, Andi Sukri (Unknown)
Akhir, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran narasi berpasangan berbantuan media buku pop-up terhadap kemampuan menyimak anak kelas V dan hasil belajar siswa tersebut. Desain quasy eksperimen tipe nonequivalent control group design digunakan dalam penelitian khusus ini sebagai jenis penelitian yang dilakukan. Seluruh anak kelas V SDN 149 Lumbaja di Kabupaten Enrekang diikutsertakan dalam penelitian ini. Ada total 41 siswa dalam populasi, dan ukuran sampelnya sama. menggunakan metode yang dikenal sebagai sampling lengkap. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang terdiri dari mengajukan lima nomor pertanyaan deskriptif kepada siswa untuk mengetahui kemampuan menyimak dan hasil belajarnya. Hasil pengujian hipotesis mengenai pengaruh model pembelajaran Paired Storytelling berbantuan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas kontrol posttest dan eksperimen dengan menggunakan independent sample t test diperoleh nilai signifikan = 0,00 lebih kecil dari 0,05 yaitu Artinya dapat dikatakan bahwa model pembelajaran berpasangan bercerita berbantuan media buku pop up berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran pairing storytelling yang didukung media pop-up book berdampak pada kemampuan menyimak cerita siswa serta hasil belajar siswa kelas V.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...