Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 3 (2023): June

Pengembangan Media Bigbook untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa melalui Teks Narasi di Kelas 4 Sekolah Dasar

Rana Rolliana Putri (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, Indonesia)
Innany Mukhlishina (Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Bigbook merupakan media pembelajaran visual  yang ukuran, tulisan, dan gambar  yang di besarkan dari ukuran buku gambar pada umumnya. Bigbook disebut sebagai media visual karena terjadilangsung dengan pancaindra penglihatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran bigbook untuk keterampilan membaca teks narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan yang digunakan adalah tahapan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan dari aspek media diperoleh presentase 88% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aspek materi diperoleh presentase sebesar 94% dengan kategori sangat baik. Dari respon pengguna diperoleh presentase 98% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media bigbook telah memenuhi kriteria yang sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran pada kelas IV.A

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...