Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 4 (2023): August

Pengaruh Media Pembelajaran MIPO (Mencari Ide Pokok) Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Uswatun Hasana (Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)
Innany Mukhlishina (Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan menetukan ide pokok pada siswa kelas III di SD Islam Al-Falah masih relatif rendah, terutama pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak dari penggunaan media pembelajaran MIPO (Mencari Ide Pokok) terhadap kemampuan menentukan ide pokok siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen, yaitu rancangan  pre-eksperimental design dengan desain penelitian the one-group pretest-postest design. Pada penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dimana peneliti memilih secara acak 11 siswa dari populasi yang ada. Pada penelitian ini, peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t, diperoleh nilai t-hitung = 7.732 lebih dari t-tabel = 2.228, sehingga dapat dikatakn H0 ditolak. Sig. juga memiliki nilai 0.000 yang mana melebihi 0.025 sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran MIPO (Mencari Ide Pokok) terhadap kemampuan menentukan ide pokok siswa kelas III SD Islam Al-Falah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...