Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 4 (2023): August

Peran Guru dalam Menghadapi Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar

Agiel Nashrifatul Latifah (Universitas Muria Kudus)
Ika Ari Pratiwi (Universitas Muria Kudus)
Mohammad Syafruddin Kuryanto (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini didasari dengan ditemukannya siswa slow learner di kelas 3A SD Negeri Wonosari Demak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran guru serta kendala dan solusi yang dilakukan saat berhadapan dengan siswa slow learner. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa slow learner di kelas 3A SD Negeri Wonosari Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat lima peran yang dilakukan guru kelas dalam pembelajaran yaitu peran sebagai pembimbing, motivator, mediator dan fasilitator, evaluator, serta pengelola kelas, kelima peran tersebut saling berkaitan dalam mencapai pembelajaran yang optimal. Kendala yang dialami guru diantaranya yaitu tidak adanya peningkatan setelah pemberian perlakuan khusus, motivasi belajar rendah, komunikasi yang kurang baik, belum lancar membaca dan menulis, serta memiliki emosi yang labil. Hasil analisis diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan guru dalam menghadapi siswa slow learner.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...