Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar dan teknik dasar bermain sepak bola siswa kelas V SDN 1 Kalibeber melalui modifikasi permainan sepak bola boladitor Semester I tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 34 siswa. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pengamatan. Dari hasil penelitian yang diperoleh prosentase dengan menggunakan bantuan check list dapat diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan belajar dari siswa kelas V SDN 1 KALIBEBER ranah kognitif observasi awal 17,64% meningkat di siklus I 51,47% dan meningkat lagi di siklus II 92,64%. kemampuan afektif di observasi awal sebanyak 44,85% meningkat di siklus I 65,80% dan meningkat lagi di siklus II 93,75%. Kemampuan psikomotor di observasi awal 29,04% meningkat di siklus I 67,64% dan meningkat tajam di siklus II sebanyak 92,27%. Dari hasil di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran modifikasi permainan sepak bola “ boladiator “ untuk peningkatan hasil belajar dan penguasaan teknik dasar bermain sepak bola siswa kelas V semester I SDN 1 KALIBEBER secara umum sangat tepat digunakan karena sesuai dengan tingkat intelegensi, afeksi dan motoriknya.
Copyrights © 2023