Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan dan peningkatan kapasitas pengelolaan KBM guru melalui penerapan supervisi pembelajaran kolabortif di SDN Derongisor Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 tahun ajaran khususnya pada kegiatan belajar mengajar komponen manajemen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Metodologi dan rancangan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dengan menggunakan prosedur penelitian meliputi kegiatan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) mengamati, (4) merefleksikan. Subyek penelitiannya yaitu guru SDN Derongisor Semester 1 Tahun ajaran 2022/2023 guru sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas pengelolaan proses belajar mengajar (PBM) dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya nilai rata-rata guru sebesar 49,00 dan hanya pada kategori KURANG. Pada semester 1 meningkat cukup signifikan dan terdapat 2 orang guru atau setara 28,57% yang dinyatakan mampu mengelola proses belajar mengajar (PBM) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 66,57 dan termasuk dalam kriteria LENGKAP dan pada siklus terakhir menjadi guru atau 100%, dibuktikan dengan nilai klasikal sebesar 84,29 dengan kriteria nilai baik. Dari hasil penelitian yang telah dijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan supervisi pembelajaran kolaboratif di SDN Derongisor Semester 1 program Akademik 2022/2023 telah terbukti mampu meningkatkan kapasitas guru dalam mengelola PBM.
Copyrights © 2023