REMIK : Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer
Vol. 7 No. 3 (2023): Volume 7 Nomor 3 Agustus 2023

Efektivitas Program Desa Mandiri dalam Mencapai Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus pada Desa Soreang Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung)

Maman Suherman (Universitas Nurtanio Bandung)
Neni Rohaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2023

Abstract

Program Desa Mandiri merupakan salah satu program pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat pedesaan untuk mengembangkan usaha produktif berbasis sumber daya lokal meningkatkan ketersediaan pangan, meningkatkan daya beli dan akses pangan rumah tangga.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Efektivitas Program Desa Mandiri Dalam Mencapai Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada Desa Soreang Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung). Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi, teknik analisis data dilakukan melalui tahapan : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Program Desa Mandiri Dalam Mencapai Kesejahteraan Masyarakat di Desa Soreang Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung belum berjalan efektif. Hal tersebut terjadi karena belum optimalnya perencanaan, pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah, Belum terjalinnya kerjasama dan kordinasi yang baik antara perangkat desa yang satu dengan yang yang lainnya, belum optimalnya pemerintah dalam menunjang sarana dan prasarana dalam menaungi proses pelaksanaan program, belum optimalnya partisipasi masyarakat sekitar terhadap Program Desa Mandiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

remik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

REMIK adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan yang bertujuan untuk mewadahi penelitian di bidang Manajemen Informatika. REMIK adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis ...