eProceedings of Management
Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Fitur Instagram @telkomsigma Terhadap Kebutuhan Informasi Followers

Putri Rachmawati (Telkom University)
Adrio Kusmareza Adim (Telkom University)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Kini fitur Instagram menjadi fitur yang paling banyak digemari oleh masyarakat, hal tersebut dibuktikan oleh jumlahpengguna Instagram melalui survey yang dilakukan oleh We Are Sosial dalam portal.com bahwa jumlah penggunaInstagram kini menduduki peringkat kedua tertinggi di Indonesia sebesar 84,8%. Selain untuk hiburan Instagram jugaberfungsi untuk mencari berbagai informasi, pada masa sekarang kebutuhan manusia akan informasi terus bertambah,salah satunya informasi mengenai teknologi IT. Namun di Instagram sendiri informasi mengenai teknologi diberikandengan jumlah yang minim, hal tersebut ditunjukan dari survey yang dilakukan oleh Statistica.com bahwa unggahanmerek per minggu di Instagram mengenai teknologi menduduki tingkat terendah yaitu 2.4. Sedangkan Informasimengenai teknologi IT kini menjadi informasi penting untuk proses beradabtasi manusia pada kehidupan modern yangterus berkembang setiap harinya. Di Indonesia sendiri teknologi kini semakin berkembang pesat, terutama teknologi jenis IT Cloud. Hal ini sejalan dengan yang diberitakan oleh gimzologi.id bahwa saat ini layanan IT Cloud sedangberkembang pesat sebesar 81%. Hal ini menggambarkan bahwa saat ini belum terprediksi besar pengaruh fiturInstagram pada kebutuhan informasi jenis informasi teknologi IT. Untuk itu penelitian ini membahas pengaruh fiturInstagram @telkomsigma sebagai akun Instagram perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi yaitu teknologiIT Cloud terhadap kebutuhan informasi followers-nya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besarpengaruh fitur Instagram terhadap kebutuhan informasi followers. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptifdengan menggunakan metode analisis regresi liniear sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah followers akunInstagram @telkomsigma yaitu sebesar 11 ribu followers, lalu diambil 100 sampel untuk penelitian ini denganmengunakan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah fitur Instagram pada akun @telkomsigmamemiliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap kebutuhan informasi followers yaitu sebesar 69,3% sedangkan sebesar30,7% sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak ikut diamati dalam penelitian ini. Dan adanya hubungan yang kuatantara fitur Instagram @telkomsigma terhadap kebutuhan informasi followers. Hal itu dilihat dari hasil nilai korelasiposistif sebesar 0,883 yang dapat di interpretasikan dalam skala interval 0,80 – 0,100 yang artinya memiliki tingkathubungan dalam katagori sangat kuat. Dan sub variabel fitur share yang tidak dapat memenuhi kriteria dari teorikebutuhan informasi yang digunakan dalam penelitian ini, untuk itu fitur share dapat diartikan hanya sebagai alatpelengkap pemasaran yang digunakan akun @telkomsigma dalam media sosial Instagram guna memperluaspenyebaran informasi yang telah dibagikan.Kata kunci : Telkomsigma, Instagram, Fitur, Kebutuhan Informasi, Followers.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...