eProceedings of Management
Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023

Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Produk Whtelab Melalui E-commerce Shopee

Anella Novalisa (Telkom University)
Helni Mutiarsih Jumhur (Telkom University)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Minat terhadap budaya populer korea sangat tinggi di Indonesia, hal tersebut memberikan pengaruh baru terhadapdunia bisnis. Salah satunya yaitu mempromosikan produk dengan menggunakan brand ambassador Korea Selatan.Hal ini memicu berbagai perusahaan brand lokal kecantikan bersaing untuk memikat konsumen dengan memanfaatkanstrategi marketing brand ambassador untuk mempromosikan produknya. Whitelab sendiri menjadi salah satu brandlokal kecantikan yang telah menggunakan brand ambassador yang dimana memilih Oh sehun dari boy group EXOasal Korea Selatan. Tentu saja hal berikut mendapatkan kesan positif dari masyarakat terhadap brand image whitelab.Sehingga whitelab mengeluarkan strategi dengan membuat bundle skincare yang bernama <Sehun Favorite Packages=yang secara eksklusif di jual pada platform e-commerce Shopee. Dengan konsep tersebut tentu saja diharapkanmasyarakat dapat melakukan impulse buying pada produk Whitelab. Pada studi ini meneliti jumlah trend pemasaranyang menggunakan duta merek dan citra merek untuk menentukan apakah duta merek dan citra merek whitelabmemiliki pengaruh signifikan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif beserta analisis kausal. Dalampengambilan sampel digunakan metode non-probability sampling dengan purposive sampling. Data penelitian inidikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Jumlah partisipan yang dibutuhkan untuk penelitian ini 400 respondenyang telah membeli produk whitelab melalui platform shopee. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakanPartial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) pada program Smartpls 3.2.9 yang menghasilkanpengujian outer dan inner model. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa brand ambassador secara signifikanmempengaruhi perilaku impulse buying secara langsung melalui brand image.Kata Kunci-Duta merek, Citra merek, Pembelian Impulsif, Oh sehun, E-commerce

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...