eProceedings of Management
Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Integrated Marketing Communications Pada Industri Musik Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Jkt48

Nia Dwi Yuniar (Telkom University)
Fauzan Aziz (Telkom University)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Semakin bertumbuhnya industri musik baik dunia ataupun di Indonesia saat ini memiliki dampak yang baik dariindustri musik sebelumnya. Penjualan merchandise official menjadi salah satu hal dimana perusaahan atau musisidapat memperoleh keuntungan, namun seiring berkembannya zaman semakin banyak juga musisi dan idol baruterbentuk hal ini juga dapat mempengaruhi konsumen atau penggemar untuk melakukan pembelian mereka makauntuk mempertahankan dan meningkatkan konsumen atau penggemar dilakukan penelitian ini untuk mengetahuibagaimana pengaruh strategi integrated marketing communications pada industri musik pada keputusan pembelianmerchandise JKT48. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif dan menggunakan metode kuantitatif. Teknikpengambilan data digunakan dalam bentuk kuesioner. Objek penelitian ini yaitu penggemar JKT48 yang berada padafanbase yang telah dibentuk oleh penggemar itu sendiri. Perolehan data yang diperoleh adalah berjumlah 121responden dan hasil penelitian ini diolah dengan mengoperasikan software SPSS Statistic 24. Hasil penelitian iniberdasarkan analisis deskriptif untuk variabel Integrated Marketing Communications adalah sebesar 78,94% dalamkategori baik sementara untuk variabel keputusan pembelian adalah sebesar 80,91% dalam kategori sangat baik.Integrated Marketing Communications berpengaruh secara signifikan positif sebesar 45,5% pada keputusanpembelian. Sisanya 54,5% dipengaruhi variabel atau faktor lain yang belum diteliti.Kata kunci-integrated marketing communications; keputusan pembelian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...