Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal serta memberikan strategibisnis yang berguna untuk pengembangan ritel Eggy Elektronik dan pengembangan Usaha Mikor Kecil danMenengah (UMKM) di Jawa Tengah umumnya di Klaten untuk kedepannya. Penulis melakukan penelitianmenggunakan mix method yaitu memakai kualitatif dan kuantitatif. Penulis melakukan wawancara danmembagikan kuesioner untuk melakukan analisa IFE dan EFE kepada responden yang terdiri dari 2 orang pemilikUMKM dan 1 orang karyawan. Alternatif strategi yang didapatkan dari analisa ini adalah memperbanyak varianproduk dengan harga yang kompetitif, membuat toko online dan mendaftarkan produk pada e-commerce sehinggamembuka pasar baru, serta membentuk Customer Relationship Management (CRM) dengan memanfaatkan mediasosial.Kata kunci: IFE matriks, EFE matriks, SWOT, QSPM
Copyrights © 2023