eProceedings of Management
Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pengguna LinkAja di Kota Depok

Ma’ruf Amarul Mu’min (Telkom University)
Idola Perdini Putri (Telkom University)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Perkembangan teknologi menawarkan kemudahan untuk masyarakat, salah satunya yaitu dompet digital yangmeberikan layanan bagi para penggunanya dalam melakukan transaksi dengan lebih mudah, aman, dan jugamenguntungkan. LinkAja merupakan salah satu dompet digital yang menawarkan produknya. Dalam menawarkanproduknya, LinkAja gencar melakukan promosi penjualan dalam bentuk cashback untuk penggunanya. Kegiatanpromosi LinkAja menciptakan pengalaman yang dapat dirasakan melalui panca indra. Experiental Marketingtersebut sangat berguna untuk membentuk dan menciptakan pelanggan yang loyal dengan meningkatkan citrabrand, menyentuh segi emosional dan perasaan positif terhadap suatu produk dan service yang di berikan olehbrand. Penelitian ini menetapkan metodologi kuantitatif dan mengelompokkan data memakai kuesioner online.Populasi pada penelitian yaitu mereka yang mengunduh aplikasi LinkAja, dengan sampel dengan jumlah 385orang. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, metode suksesi, analisis korelasi, ujinormalitas, analisis regresi linear sederhana, dan uji hipotesis (uji T). Berdasarkan hasil temuan, terdapat pengaruhexperiental marketing (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada pengguna aplikasi LinkAja di Kota Depok.Pengaruh Experiential Marketing (X) sebesar 77,3 % terhadap loyalitas pengguna (Y) LinkAja, artinya 77,3%variabel <Loyalitas Pengguna= adalah kontribusi dari variabel <Experiential Marketing= sedangkan sisanyasebesar 22,7% disebabkan oleh faktor lainnya.Kata Kunci- dompet digital, linkaja, experiental marketing, loyalitas pelanggan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...