eProceedings of Management
Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023

Pengaruh Strategi Bisnis, Financial Distress, Opinion Shopping, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Opini Audit Going Concern (StudiipadaiPerusahaan Sektor EnergiiYangiTerdaftariDiiBursaiEfek IndonesiaiPeriode 2017 - 2021)

Riky Sanjaya Silalahi (Telkom University)
Majidah Majidah (Telkom University)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Opiniiaudit going concern merupakan penilaian auditor independen atas keraguan tentang kemampuanperusaahaan untuk melanjutkan usahanya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh secara parsial dansimultan strategi bisnis, financial distress, opinion shopping, kepemilikan institusional terhadap opiniiaudit goingconcern. Penelitian ini menggunakan data perusahaan sektor energi yang tercantum di BEI tahun 2017-2021.Sampel yang diperoleh sebanyak 35 perusahaan dengan total 175 observasi ditentukan menggunakan purposivesampling dan analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi logistik. Temuan penelitian menunjukkanbahwa strategi bisnis, financial distress,oopinion shopping, dannkepemilikan institusional berpengaruh secarasimultannterhadap opininaudit goingnconcern. Hasillsecara parsial strategi bisnis dan kepemilikanninstitusionalberpengaruh negatif terhadap opiniiaudit goinggconcern. Financial distress dan opinion shopping berpengaruhpositif terhadap opini audit going concern.KataaKunci-Financial Distress, KepemilikannInstitusional,oOpini Audit Going Concern, Opinion Shopping,Strategi Bisnis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...