Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Yasuruka Kota Bengkulu. Penelitian ini sudah di laksanakan di kelas X A dan Kelas B di Madrasah Aliyah Yasuruka Kota Bengkulu dan waktu penelitian pada bulan Januari hingggah Febuari 2023. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X Madrasah Aliyah Yasuruka Kota Bengkulu. Sample yang di ambil secara acak (Random Sumpling) dari 2 kelas X Madrasah Aliyah Yasuruka Kota Bengkulu di ambil 2 kelas satu kelas kontrol dan satu kelas ekperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi ekperimen) rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Randomized Control Group pretest-Pretest desaign. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata efektivitas pembelajaran biologi model model problem based learning rata-rata skor 23,73 jadi dapat di simpulkan bahwa rata-rata efektivitas siswa lebih tinggi dari model pembeljaran problem based learning di bandingankan dengan konvensional. Hasil belajar post test skor total yang di peroleh Model Pembelajaran Problem Based Learning rata-rata 67,37 dan kelas konvensional rata-rata 66,00. Jadi kelas model pembelajaran Problem based learning nilai nya rata-rata lebih tinggi di bandingkan dengan kelas konvensional. Hasil analisis observasi efektivitas uji T nilai Asynp Sig (2-tailed) di ketahui bahwa nilai signifikansi yaitu sig 0,001 < 0,05 maka artinya signifikan yakni ada pengaruh hasil belajaar siswa antara kelas Model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol pada pembelajaran Biologi.
Copyrights © 2023