EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Rancangan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Bidang Pengembangan Belajar Berbasis Perilaku Belajar (Studi pada Peserta Didik di Kelas XI SMAN 6 Bungo Kabupaten Bungo)

Rosalinda Rosalinda (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
Rahma Wira Nita (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
Suryadi Suryadi (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peserta didik yang masih memiliki perilaku belajar bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk. 1) Mendeskripsikan profil perilaku belajar peserta didik. 2) Merancang program bimbingan dan konseling.  Jenis penelitian ini adalah RD (Pengembangan). Populasi penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI dengan jumlah 80 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang peserta didik dikelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket di analisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian terungkap bahwa bahwa: 1) Profil perilaku belajar peserta didik berdasarkan pada kriteria kurang tepat seperti dalam berpikir rasional dan kritis, kebiasaan, keterampilan, dan sikap. 2) Adapun rancangan program yang dibuat berdasarkan profil perilaku belajr dimana peneliti merancang program layanan informasi, layanan bimbingan kelompok, layanan kolaborasi, layanan biblioterapy disajikan dalam bentuk program yang telah divalidasi oleh para ahli Bimbingan dan Konseling yang telah melalui uji validitas dengan kriteria “sangat diterima”. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK di SMAN 6 Bungo menggunakan program tersebut.

Copyrights © 2023