EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Rancangan Program Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling Bidang Pengembangan Pribadi Berbasis Self Esteem Pada Peserta Didik Broken Home Studi Di SMP Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu

Bastari Dara Mega (Program Studi Bimbingan dan Konseling SOSHUM, Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
Rahma Wira Nita (Program Studi Bimbingan dan Konseling SOSHUM, Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
Suryadi Suryadi (Program Studi Bimbingan dan Konseling SOSHUM, Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan self esteem yang ada pada peserta didik broken home. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self esteem  rendah pada peserta didik yang memiliki keluarga broken home. Setelah itu, dilakukan perancangan program layanan dasar bimbingan dan konseling bidang pengembangan pribadi berdasarkan analisis data hasil penelitian yang berbasis self esteem pada peserta didik broken home. Jenis penelitian ini adalah RD (Reserch and development) populasi penelitian ini adalah peserta didik yang berlatar belakang broken home dengan jumlah 30 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yang mana sampel diambil sama dengan populasi.  Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan diungkapkan bahwa self esteem yang dimiliki peserta didik yang memiliki keluarga broken home di SMP Negeri 1 Rokan IV Koto secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 67%. Namun, terdapat tiga indikator dalam kategori rendah dan sangat rendah, yaitu indikator hidup secara sadar sesuai suara hati, belajar dari kesalahan dan spiritual

Copyrights © 2023