Jurnal Teknologi Pertanian
Vol. 24 No. 2 (2023)

PROFIL SIFAT FISIKO-KIMIA DAN MIKROBIOLOGI CAIRAN ECO-ENZYME DARI BEBERAPA JENIS BUAH DAN DAUN CEMARA UDANG (Casuarina equisetifolia)

Simon Bambang Widjanarko (Universitas Brawijaya)
Latifa Putri Aulia (University of Brawijaya)
Yumna Khoirunnisa (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

          Limbah rumah tangga didominasi 57% oleh limbah organik seperti potongan buah, sayur, dan jenis potongan makanan lainnya. Limbah sampah organik ini perlu ditangani untuk mengurangi jumlah limbah organik. Tiga jenis sampel Eco-Enzyme dari 5 jenis limbah buah, 10  jenis limbah buah, dan rantes (daun cemara udang) yang ditambahkan pada fermentasi 5 jenis limbah buah serta difermentasi lebih lanjut selama 1 bulan, dikarakterisasi sifat fisikokimia, mikrobiologis, dan kandungan senyawa bioaktif dengan metode FTIR. Penelitian dilaksanakan secara deskriptif untuk analisis fitokimia, kadar total angka lempeng bakteri, dan senyawa gugus fungsi dengan FTIR. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data karakter sifat fitokimia, fisikokimia, dan gugus fungsi senyawa pada Eco-Enzyme. Rancangan Acak Kelompok dengan 3 kali ulangan dipakai untuk menganalisis data aktifitas enzim lipase, dan pH. Hasil penelitian menunjukkan ketiga jenis sampel aktif mengandung enzim lipase dengan pH rendah (<4,0), total angka lempeng bakteri sekitar 104 cfu/ml. Hasil penelitian menunjukkan uji fitokimia didukung oleh hasil analisis FTIR. Uji buih positif Eco-Enzyme dapat dipakai sebagai bahan sabun. Kadar aktifitas lipase positif dengan hasil tertinggi pada sampel Eco-Enzyme terbuat dari 10 jenis limbah buah. Total angka lempeng bakteri rendah. pH rendah (<4,0) Eco-Enzyme dari tiga jenis sampel menunjukkan Eco-Enzyme aman untuk dipakai. Kesimpulan dari riset ini adalah Eco-Enzyme mengandung senyawa fenol dan turunannya, kecuali alkaloid, aktifitas lipase cukup tinggi, pH rendah, dan total angka lempeng bakteri rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JTP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Pertanian diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya untuk penyebarluasan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari dalam dan luar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Jurnal Teknologi Pertanian terbit tiga kali dalam setahun, ...