Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Transfer Pricing Aggressiveness, Thin Capitalization, Political Connection, Dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Penghindaran Pajak Dengan Good Corporate Governance Pada Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

Fitri Syafira Devriadi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fatchan Achyani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini tujuannya agar diuji pengaruh hubungan transfer pricing aggressiveness, thin capitalization, political connection, dan beban pajak tangguhan terhadap penghindaran pajak (tax avoidance) dan peran tata kelola perusahaan menjadi variabel moderasinya. Penggunaan data sekunder pada penelitian ini yaitu laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Metode penelitiannya menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan dan sampel yang didapatkan berjumlah 86 perusahaan sektor pertambangan. Teknik analisisnya yaitu regresi linear berganda menggunakan SPSS 25. Hasil pengujian regresi linear berganda menunjukkan bahwa thin capitalization, political connection, dan beban pajak tangguhan mempengaruhi penghindaran pajak. Sementara transfer pricing aggressiveness tidak mempengaruhi penghindaran pajak. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa GCG memperlemah efek beban pajak tangguhan pada penghindaran pajak, namun GCG tidak dapat memoderasi efek transfer pricing aggressiveness, thin capitalization, political connection terhadap penghindaran pajak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...