Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai (Studi Kasus Penggunaan Aplikasi Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Warga Secara Online (SILAWO))

Izza Hadiana (Universitas Riau)
Mimin Sundari Nasution (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2023

Abstract

Aplikasi SILAWO merupakan aplikasi daring yang berbasis web yang dirancang oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai untuk memudahkan masyarakat dalam memproses dokumen kependudukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai melalui penggunaan aplikasi SILAWO serta faktor penghambat dalam pelayanan publik melalui aplikasi SILAWO. Penelitian ini menggunakan teori kualitas layanan elektronik (E-GovQual) oleh (Xenia Papadomichelaki dan Gregoris Mentzas 2012) yang mana terdapat empat indikator, yaitu: Efficiency (efesiensi), Reliability (kehandalan), Trust (kepercayaan), dan Citizen Support (Dukungan kepada Masyarakat). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. pengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tujuan agar dapat ditarik kesimpulan dari permasalahan kajian terkini. Hasil penelitian ini adalah pelayanan publik berbasis elektronik belum berjalan dengan optimal karena masih terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaan yaitu belum cukupnya ketersediaan sarana dan prasarana, adanya gangguan jaringan dan kurangnya sosialisasi penggunaan aplikasi secara langsung atau tatap muka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...