Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengembangan Media Pembelajaran Digital Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Di SMPN 5 Satu Atap Padarincang

Dede Sutarya (Universitas Bina Bangsa)
Umalihayati Umalihayati (Universitas Bina Bangsa)
Popi Dayurni (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tahapan-tahapan dalam mengembangkan media pembelajaran digital menggunakan macromedia flash 8 yang valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jenis penelitian dan pengembangan ini berupa Research dan Development (R&D). Ada sepuluh langkah dalam penelitian ini diantaranya potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk dan revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi masal, tetapi peneliti hanya mengimplementasik tujuh tahap saja, yaitu adanya potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk dan revisi produk. Penelitian ini dilakukan pada semester genap pada tahun ajaran 2022/2023 dari bulan maret sampai bulan juni yang disesuaikan dengan jadwal mata pelajaran TIK. Adapun tempat penelitian dan pengembangan di SMPN 5 Satu Atap Padarincang yang terletak di wilayah kecamatan padarincang kabupaten serang. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 23 orang, terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang guru mata pelajaran TIK dan 20 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, sedangkan Instrumen pengumpulan data berupa instrumen kevalidan untuk ahli materi dan ahli media dan satu orang guru TIK, instrumen kepraktisan dan instrumen keefektifan untuk peserta didik. Kategori dan bobot nilai pada penelitian ini adalah Sangat Setuju = 5, Setuju = 4, Kurang Setuju = 3, Tidak Setuju = 2 dan Sangat Tidak Setuju = 1. Setelah pengisian instrumen selesai kemudian dikumpulkan dan diolah untuk dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: 1) hasil uji validasi dari para ahli menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash 8 dengan tingkat kevalidan 88,78%, maka disimpulkan validasi dari ahli dinyatakan Valid, 2) hasil uji kepraktisan dari hasil pengolahan dan analisis angket ke peserta didik menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash 8 dengan tingkat kepraktisan 89,03%, maka disimpulkan kepraktisan dinyatakan Sangat Valid, 3) hasil uji keefektifan dari hasil pengolahan dan analisis angket ke peserta didik menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash 8 dengan tingkat keefektifan 89,47%, maka disimpulkan kefektifan dinyatakan Sangat Valid. Aspek Jadi, dapat disimpulkan bahwa produk media yang dikembangkan valid, praktis dan efektif serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran TIK di SMPN 5 Satu Atap Padarincang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...