Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

E-Commerce Adoption dan Digital Marketing Adoption terhadap Sustainability melalui Competitive Advantage pada UMKM Makanan dan Minuman DKI Jakarta

Veronica Lusianty (Universitas Esa Unggul)
Rojuaniah Rojuaniah (Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Pasca pandemic covid-19, banyak UMKM harus melakukan adopsi e-commerce dan digital marketing sebagai salah satu strategi untuk memperoleh competitive advantage dan sustainability. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh langsung adopsi e-commerce dan digital marketing terhadap competitive advantage, dan pengaruh langsung adopsi e-commerce, digital marketing, dan competitive advantage terhadap sustainability. serta pengaruh tidak langsung adopsi e-commerce dan digital marketing terhadap sustainability melalui competitive advantage yang ditujukan kepada UMKM. Sampel sebanyak 165 menggunakan teknik purposive sampling dengan responden UMKM makanan dan minuman yang menggunakan e-commerce dan digital marketing berada di wilayah DKI Jakarta. Pengolahan data menggunakan SEM-PLS. UMKM mampu mencapai sustainability dan unggul dalam competitive advantage dengan terus meningkatkan pelayanannya, menyediakan berbagai bentuk pelayanan dan terus analisis persaingan pasar serta lebih dapat mengefisienkan biaya secara terus menerus.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...