Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Paru Karawang

Anisah Anisah (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
A. Rohendi (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Agus Hadian Rahim (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Pada awal perkembangannya, rumah sakit adalah lembaga yang berfungsi untuk kepentingan sosial, tetapi dengan adanya rumah sakit swasta, maka lembaga tersebut lebih mengacu sebagai suatu industri yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan dengan melakukan pengelolaan yang berdasar pada manajemen badan usaha. Sebagai badan usaha, rumah sakit harus mampu menciptakan loyalitas dari pasien. Penciptaan loyalitas pasien bertujuan agar rumah sakit dapat memberi pengalaman berobat, meningkatkan kualitas layanan, dan bertahan dalam persaingan yang ketat antar rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan rawat jalan di Rumah Sakit Khusus Paru Karawang (RSK Paru Karawang). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan positivistik eksplanatori, dan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah 10.486 pasien. Sampel dipilih berdasarkan teknik random sampling yang berjumlah 233 pasien. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner. Teknik analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dan multivariat dengan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien. Kepuasan pasien cara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien. Kualitas pelayanan dan kepuasan pasien secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien di Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang. Hasil analisis diperolah keofisien determinasi diperolah nilai R2 = 0,198 yang menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien sebesar 19,8%. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 = 0,264 yang menunjukkan bahwa pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien sebesar 26,4%. Hasil uji koefisien determinasi R2 = 0,239 yang menunjukkan bahwa secara simultan pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas sebesar 23,9%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...