Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Gambaran Pengambilan Keputusan Pembelian Online di Aplikasi Tiktok pada Generasi Z

Hwida Sari Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Hotpascaman Simbolon (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui “Bagaimana Gambaran Pengambilan Keputusan Pembelian Online di Aplikasi TikTok pada Generasi Z”. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kuantitatif bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pengambilan keputusan pembelian online di aplikasi TikTok pada generasi Z. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah Generasi Z di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling yang artinya setiap anggota populasi tidak memiliki kesempatan atau peluang yang sama sebagai sampel. Teknik yang dipakai adalah dengan Purposive sampling. Untuk mendapatkan data dari lapangan, peneliti akan melakukan pengumpulan data dengan cara menggunakan angket. Adapun metode statistik yang akan digunakan adalah metode statistik deskriptif dan uji normalitas. Dampak dari pengambilan keputusan pembelian online yang tinggi ada dua yaitu dampak positif dan dampak negative. Dampak positif yaitu lebih praktis dalam memenuhi kebutuhannya, lebih hemat waktu dan juga tenaga dikarenakan tidak perlu repot ke tokonya langsung. Dampak negative yaitu berdampak pada perekonomian atau keuangan Generasi Z sendiri dimana mereka akan berbelanja secara terus-menerus dalam waktu yang panjang maka akan berdampak negative dan mengakibatkan adanya gaya hidup yang konsumtif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...