Strategi komunikasi pemasaran destinasi wisata merupakan impelementasi dari sebuah perencanaan, tujuan, kebijakan hingga tindakan yang saling mempengaruhi dan membentuk pemahaman bersama. Program Smiling West Java Ambassador bertujuan untuk mengeksposure destinasi wisata unggulan Jawa Barat melalui konten kreatifnya. Penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut guna mengimplementasikan kebijakan dari penetapan strategi pembangunan pariwisata di Jawa Barat dalam konteks pemasarannya. Upaya yang dilakukan pada program SWJ Ambassador hanya fokus pada penyebaran destinasi wisata melalui konten kreatif dari para conten creator, influencer, selebtiktok, selebgram, dan lainnya yang secara tidak langgung memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak. Sehingga potensi promosi destinasi wisata di Jawa Barat makin meluas dengan dibantunya para followers atau pengikut media sosial para duta pariwisata tersebut. Ditambah keahlian dalam membuat konten kreatif yang estetik, menambah kekayaan informasi yang mudah dipahami dan enak dilihat. Melalui dua strategi pemasaran baik pesan maupun media, diharapkan dapat memberikan informasi dan persuasi dengan cara yang lebih halus (soft selling) serta penempatan pada media yang sedang marak dikalangan masyarakat dapat lebih mudah diterima.
Copyrights © 2023