Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus: Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang)

Nirwan Nurdin (Universitas Muslim Indonesia)
Baharuddin Semmaila (Universitas Muslim Indonesia)
Jeni Kamase (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2023

Abstract

Kinerja merupakan aspek yang penting dalam Perusahaan, untuk mencapai kinerja, dibutuhkan adanya faktor-faktor pendukung, yang diantaranya dapat berupa faktor internal yang berasal dari sikap atau pembawaan individu, dan faktor eksternal yang dapat berasal dari lingkungan kerja, rekan, dan pimpinan, selain itu, peningkatan kinerja akan memungkinkan banyak pengembangan dan peningkatan pada suatu Perusahaan. Penelitian ini membahas pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang. Dengan menggunakan pendekatan asosiatif dan dibantu dengan alat uji statistik, regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dan kepuasan kerja memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sementara motivasi kerja memiliki dampak positif dan signifikan. Temuan ini menyarankan bahwa peningkatan motivasi kerja dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam organisasi. Artikel ini juga mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja karyawan di berbagai organisasi, termasuk disiplin, budaya organisasi, dan loyalitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...