Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMK N 2 TONDANO selama 2 bulan lebih yang bertujuan untuk mencari tahu apakah Penerapan Literasi Digital dan Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Efektivitas Pebelajaran Siswa. Dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan survei yang berasal dari hasil penyebaran kuisioner penelitan kepada Siswa yang ada di SMK N 2 Tondano untuk mencari sebab dan akibat dari variabel yang akan diteliti dari hasil penelitian yang di temukan bahwa pada variable Penerapan Literasi Digital (X1) dengan koefisien regresi sebesar 0.301 menunjukan nilai thitung (4.390) > ttabel (1.999) dan taraf signifikan 0.000 < 0.05, sedangkan Variabel Motivasi Belajar (X2) dengan koefisien regresi sebesar 0.551 menunjukan nilai thitung (7.534) > ttabel (1.999) dan taraf signifikan 0.000 < 0.05. dan untuk pengujian koefisien korelasi menunjukan bahwa nilai R sebesar 0.741 atau 74,1% dan hal ini menunjukan bahwa variabel penerapan literasi digital dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh dan mempunyai hubungan yang kuat Terhadap Efektivitas Pembelajaran. Populasi yang digunakan didalam penelitian ini yaitu para Siswa khususnya pada ADM. Perkantoran yang dibagi 3 kelas yang disimpulkan sebagai kelas XA, XB dan XC yang ada di SMK N 2 Tondano. Sedangkan untuk teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda melalui uji persyaratan yang harus terpenuhi antara lain uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik. Data dari penelitian ini berasal dari kusioner yang telah diberikan bobot dan diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mendapatkan hasil bahwa hipotesis didalam penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Literasi Digital dapat memberikan pengaruh yang baik bagi Efektivitas Pembelajaran dan juga Motivasi Belajar menunjukan bahwa dukungan dari para guru mampu meningkatkan Efektivitas Pembelajaran sehingga untuk model regresi diperoleh hasil yang signifikan dan nilai persentasenya sebesar 74.1% (persen) dan menurut Pedoman Interpretasi Koefesien Korelasi berada pada tingkat hubungan yang Kuat.
Copyrights © 2023